Surat Edaran Undangan Partisipasi Program Penghargaan: User Champion EMIS 4.0 Teladan 2024

Surat Edaran Undangan Partisipasi Program Penghargaan User Champion EMIS 4.0 Teladan 2024

EDUKASIBERITA.COM - Surat Edaran Undangan Partisipasi Program Penghargaan:
User Champion EMIS 4.0 Teladan 2024

Nomor : 1888/PMU.MEQR/HM/IX/2024
Lampiran : 2 (Dua) Berkas
Perihal : Surat Edaran Undangan Partisipasi Program Penghargaan: User Champion EMIS 4.0 Teladan 2024

Yth. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama,
Di Seluruh Indonesia

Dengan hormat,

Bersama surat ini, kami menginformasikan bahwa Seleksi User Champion EMIS 4.0 Teladan Nasional 2024 telah dibuka bagi seluruh User Champion EMIS 4.0 Madrasah, Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren tingkat satuan lembaga pendidikan, Kabupaten/Kota, dan Provinsi.

Sebagai bagian dari pelaksanaan Proyek Realizing Education’s Promise-Madrasah Education Quality Reform (REP-MEQR), khususnya Komponen 4.1, kegiatan ini merupakan wujud apresiasi Kementerian Agama atas prestasi dan kerja baik seluruh User Champion sebagai garda terdepan dalam memastikan data yang akurat, lengkap, valid dan bertanggung jawab, agar menjadikan EMIS sebagai landasan pembuatan kebijakan Pendidikan Islam.

Setiap Kantor Wilayah Kementerian Agama agar menyebarluaskan informasi ini ke jajaran di bawah naungannya (tingkat Satuan Lembaga, Kabkota, Kanwil) dengan cara mengisi formulir pada tautan berikut:
Pendaftaran dimulai tanggal 14 Agustus hingga 20 September 2024. Juknis terlampir.

Selengkapnya tentang Surat Edaran Undangan Partisipasi Program Penghargaan User Champion EMIS 4.0 Teladan 2024 bisa >>> DOWNLOAD DISINI <<<

Demikian kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

KERANGKA ACUAN KERJA
PENGANUGERAHAN USER CHAMPION EMIS 4.0 TELADAN NASIONAL 2024
MADRASAH, PENDIDIKAN DINIYAH DAN PONDOK PESANTREN

1. Latar Belakang

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Pendis) melalui proyek Realizing Education’s Promise Madrasah Education Quality Reform (REP-MEQR) pada tahun lalu berhasil menyelenggarakan rangkaian acara Kompetisi User Champion EMIS 4.0 Teladan Nasional 2023.

Kegiatan ini merupakan salah satu implementasi program manajemen perubahan yang salah satu pendekatan utamanya adalah memastikan adanya pengakuan dan penghargaan atas prestasi/kinerja User Champion EMIS 4.0.

Terpilihnya 30 finalis dari 675 pendaftar dari seluruh nusantara mampu melahirkan 3 (tiga) pemenang yang dinobatkan sebagai User Champion EMIS 4.0 Teladan 2023 di masing masing kategori, yaitu tingkat lembaga madrasah, kabupaten/kota, dan provinsi. Pengakuan terhadap hasil kerja mereka sebagai garda depan dan salah satu agen perubahan paling menentukan bagi peningkatan tata kelola dan kualitas keluaran kerja, diamplifikasi ke berbagai kegiatan manajemen perubahan lainnya. Salah satunya adalah dengan menjadi moderator dan narasumber sesi reguler Belajar Usung 4D, dimana mereka mendapatkan kesempatan membagikan praktik baik yang sudah dilakukan dan memotivasi sesama User Champion serta para pemangku kepentingan dalam menciptakan User Champion 4D – Dukung, Dampingi, Demi Data.

Kesuksesan kompetisi ini menginspirasi digagasnya kegiatan serupa pada tahun 2024, yaitu User Champion EMIS 4.0 Teladan Nasional 2024 Madrasah, Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren. Namun, skala kategorinya akan diperluas dengan melibatkan tidak hanya User Champion dari lembaga madrasah, tetapi juga pondok pesantren dari Indonesia. 

Kategori yang akan dilombakan adalah sebagai berikut:

Madrasah:

  1. Tingkat Provinsi
  2. Tingkat Kabupaten/Kota
  3. Tingkat Satuan Lembaga Pendidikan

Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren:

  1. Tingkat Provinsi
  2. Tingkat Kabupaten/Kota
  3. Tingkat Satuan Lembaga Pendidikan
Para finalis, yang ditentukan berdasarkan mekanisme penjurian oleh panitia, akan diundang
untuk hadir di Jakarta untuk mengikuti rangkaian kegiatan yang menjadi perhelatan puncak bagi
3 (tiga) pemenang terbaik di enam kategori tersebut di atas. Mereka akan berhak mendapatkan hadiah berupa:
  • Sertifikat dan plakat untuk 80 FINALIS
  • Sertifikat dan hadiah utama untuk pemenang tiga besar per kategori
  • Selempang pemenang pertama per kategori
  • Goodie bag menarik Prioritas bagi para pemenang untuk mengikuti berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama, serta kesempatan bagi mereka untuk tampil secara aktif sebagai aktor utama.
Kegiatan ini diharapkan dapat mengukuhkan pengakuan terhadap kerja dan kinerja baik seluruh User Champion madrasah dan pondok pesantren. Pengalaman yang didapatkan oleh para finalis dapat memacu mereka untuk mempertahankan dan meningkatkan prestasinya sebagai ‘duta’ atau champion praktik baik, dan menularkan teladannya ke rekan-rekan sesama User Champion EMIS 4.0, sekembalinya mereka ke daerah masing-masing.

2. Tujuan dan Dampak Kegiatan

Tujuan dari kegiatan User Champion EMIS 4.0 Teladan Nasional 2024 Madrasah, Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren adalah:
  • Sebagai bentuk pengakuan dan apresiasi atas kerja baik User Champion 4.0.
  • Meningkatkan rasa percaya diri, kebanggaan atas profesi, serta rasa kepemilikan User Champion atas EMIS 4.0 berkat perhatian dan apresiasi yang diberikan oleh Kementerian Agama.
  • Sebagai sarana untuk melahirkan sosok-sosok User Champion 4.0 yang dapat dijadikan contoh baik dan teladan bagi User Champion lain di seluruh Indonesia.
  • Secara umum mendorong terjadinya manajemen perubahan dan pencapaian tujuan reformasi tata kelola Pendidikan Madrasah. Di samping itu, dampak yang diharapkan dari diadakannya program ini adalah:
  1. Meningkatnya kinerja User Champion.
  2. Sikap para finalis yang semakin pro terhadap pencapaian tujuan manajemen perubahan.
  3. Semakin tingginya pengaruh para finalis dalam menciptakan lingkungan jejaring kerja yang kondusif bagi pencapaian tujuan manajemen perubahan User Champion dan tata kelola EMIS 4.0.

3. Mekanisme Penjurian dan Pemilihan Pemenang

Berikut adalah alur tata laksana kompetisi User Champion EMIS 4.0 Teladan Nasional 2024 Madrasah, Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren:
  1. Pendaftaran Peserta Promosi melalui saluran-saluran internal DitJen Pendidikan Islam dan akun-akun media sosial Madrasah Reform.
  2. Penjurian Tahap 1 Menentukan 80 Finalis Madrasah dan Pondok Pesantren.
  3. Promosi 80 Finalis Ajang perkenalan dan promosi 80 Finalis User Champion. Para finalis dapat dipilih langsung oleh para pendukungnya sebagai bagian dari prasyarat penilaian pemenang 3 besar per kategori.
  4. Penjurian Tahap 2 Menentukan pemenang 3 besar setiap kategori Madrasah dan Pondok Pesantren.
  5. Pengumuman Pemenang

3.1 Kewajiban Peserta

Pembukaan pendaftaran User Champion EMIS 4.0 Teladan Nasional 2024 Madrasah serta Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren ini akan diumumkan melalui saluran-saluran internal DitJen Pendidikan Islam dan akun-akun media sosial Madrasah Reform.

Para pendaftar diwajibkan untuk:
  • Aktif sebagai User Champion EMIS Madrasah/Pondok Pesantren dari tingkat Provinsi atau Kabupaten/Kota atau Satuan Lembaga Pendidikan tertentu.
  • Madrasah dan PD-Pontren harus sudah menyelesaikan BAP semester genap tahun ajaran 2023-2024.
  • Merespon pertanyaan melalui tautan yang akan disediakan oleh panitia.
  • Melengkapi persyaratan pendukung lainnya, seperti foto terbaru, surat rekomendasi, dan video promosi berdurasi 60 detik.
  • Mendaftar tidak melewati waktu yang telah ditentukan oleh panitia, atau hingga telah memenuhi kuota pendaftaran.
  • Para pemenang (3 besar) User Champion EMIS 4.0 Teladan 2023 tidak diperkenankan untuk mendaftar.

3.2 Proses dan Mekanisme Penjurian

Panitia dan para Dewan Juri yang dibentuk dan terdiri dari para pihak/unsur-unsur di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama berhak untuk:
● Menutup registrasi User Champion EMIS 4.0 Teladan Nasional 2024 Madrasah dan Pondok Pesantren sebelum waktu yang ditentukan, apabila kuota pendaftar telah memenuhi angka 50.000 pendaftar.
● Mengevaluasi secara internal berdasarkan indikator yang telah disepakati di lembar penilaian dengan mengacu pada isian pendaftar.
● Hasil penilaian 80 finalis dan pemenang I, II, dan III di setiap kategori yang sudah diputuskan oleh juri bersifat rahasia dan tidak akan diumumkan ke pihak manapun sebelum pelaksanaan penganugerahaan.
● Penilaian juri adalah mengikat dan tidak dapat diganggu gugat. Proses penjurian untuk menentukan finalis dan pemenang akan dilakukan dalam dua tahap:

Penjurian Tahap 1

Mempromosikan kompetisi melalui kanal dan saluran DitJen Pendis dan Madrasah Reform.

Penjurian dilakukan dengan menyaring keseluruhan peserta berdasarkan kelengkapan data dan kualitas pengisian respon pada formulir.

Penjurian tahap 1 akan menentukan 80 besar finalis gabungan dari User Champion Madrasah serta Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren dengan detail pembagiannya adalah sebagai berikut:

Madrasah:

  1. Tingkat Provinsi: 10 Finalis
  2. Tingkat Kabupaten/Kota: 10 Finalis
  3. Tingkat Satuan Lembaga Pendidikan: 20 Finalis

Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren:

  1. Tingkat Provinsi: 10 Finalis
  2. Tingkat Kabupaten/Kota: 10 Finalis
  3. Tingkat Satuan Lembaga Pendidikan: 20 Finalis

Penjurian Tahap 2

Penentuan pemenang 3 besar per kategori yang ditentukan berdasarkan kriteria sebagai berikut:
  • Penilaian juri berdasarkan:
  • Penilaian atas dedikasi terhadap profesi, ketepatan dan kecepatan pencatatan data, serta pengaruh kinerja para finalis bagi para User Champion lain di area tugasnya.
  • Kualitas video promosi berdurasi 60 detik yang telah dibuat oleh para finalis.
  • Wawancara kepada finalis 6 besar per kategori.

Posting Komentar untuk "Surat Edaran Undangan Partisipasi Program Penghargaan: User Champion EMIS 4.0 Teladan 2024"