Juknis Pemilihan Inisiator Muda Moderasi Beragama Madrasah Tahun 2024

Juknis Pemilihan Inisiator Muda Moderasi Beragama Madrasah Tahun 2024

EDUKASIBERITA.COM - Juknis Pemilihan Inisiator Muda Moderasi Beragama Madrasah Tahun 2024

PETUNJUK TEKNIS
PEMILIHAN INISIATOR MUDA MODERASI BERAGAMA MADRASAH

A. Pendahuluan

Dalam beberapa tahun mendatang, yakni sekitar tahun 2030, Indonesia akan mengalami bonus demografi, suatu kondisi dimana penduduk usia produktif (15-64 tahun) akan lebih besar dibanding usia nonproduktif (65 tahun ke atas). Artinya, usia anak muda pada tahun 2023 ini berpotensi menjadi aktor utama kemajuan bangsa dalam 5-10 tahun mendatang.

Disamping penguatan keahlian atau kecakapan dalam berbagai bidang, salah satu aspek yang tidak bisa diabaikan penguatan karakter anak muda khususnya di kalangan siswa madrasah. Penguatan karakter ini khususnya yang berkaitan dengan sikap moderat dalam beragama dan cinta tanah air. Hal ini penting dilakukan agar keahlian yang dimiliki tidak dimanfaatkan untuk aktivitas yang mengarah pada radikalisme ekstrem yang pada akhirnya merugikan semua pihak.

Urgensi penguatan karakter anak muda khususnya siswa madrasah ini juga karena secara global, meningkatnya arus teknologi informasi dan komunikasi telah menjadikan masyarakat di berbagai belahan dunia dapat dengan cepat terkoneksi dan berinteraksi secara masif. Akibatnya, karakter dan identitas global pun dengan mudah dapat mempengaruhi watak seseorang. Dampaknya adalah tren gaya hidup dapat dengan mudah diadopsi oleh warga masyarakat di berbagai belahan dunia mana pun.

Situasi tersebut, satu sisi dapat menjadikan kehidupan umat manusia lebih mudah dan praktis. Tetapi pada sisi lain, berpotensi mengancam karakter dan jati diri seseorang. Tampilan dan citra diri yang lebih mengedepankan aspek simbolis, pragmatis dan materialis seolah telah menjadi orientasi dan tujuan hidup yang utama. Sementara substansi hidup yang mengarah pada kemaslahatan bersama (rahmatan lil „alamin) seolah menjadi terlupakan.

Generasi Z, sebagai generasi yang akrab dengan teknologi informasi dan komunikasi, merupakan kelompok masyarakat yang memiliki tingkat intensitas tinggi dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi. Terutama lagi, mereka yang tinggal di wilayah urban atau sub-urban. Teknologi informasi dan komunikasi seolah telah menjadi bagian dari identitas hidup mereka.

Dalam rangka menghadapi kondisi yang demikian, sangat diperlukan kegiatan pendampingan, baik berupa pendidikan maupun pelatihan, kepada generasi Z khususnya agar dapat menyikapi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dengan baik. Hal ini agar mereka tidak mudah terombang-ambing dalam „ketidakjelasan‟ identitas; tidak mudah terpengaruh oleh pola sosialisasi terutama dalam hal sosial-keagamaan yang manipulatif dan destruktif; dan tidak mudah terpapar paham keberagamaan yang intoleran - radikal ekstrem. Terutama dalam tata kehidupan masyarakat di Indonesia yang salah satu cirinya adalah majemuk.

Dari sinilah, diperlukan upaya untuk memaksimalkan potensi dan bakat mereka. Di antaranya melalui penguatan karakter, terutama pada aspek moderasi beragama. Yakni, melalui pembangunan karakter moderat dalam kerangka penguatan nilai-nilai moderasi beragama. Salah satu cara yang efektif dalam penguatan karakter ini adalah melalui penguasaan wacana moderasi beragama di media sosial. Media sosial, sebagai sarana komunikasi utama bagi generasi muda, harus dimanfaatkan secara optimal untuk menyebarkan pesan-pesan moderasi beragama. Media sosial menjadi alat yang strategis dalam menyebarkan informasi secara luas dan cepat, serta mampu menjangkau berbagai kalangan, terutama generasi muda.

Selain sebagai bentuk implementasi visi Kementerian Agama RI, kegiatan ini juga sekaligus menjadi bentuk ejawantah dari visi Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo 2019-2024 yang difokuskan pada peningkatan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), sebagaimana tercermin dalam jargon “Revolusi Mental,” yang mengandaikan perlunya sinergi antara karakter pribadi dengan kearifan lokal dalam penyelenggaraan pendidikan.

Madrasah, sebagai lembaga pendidikan Islam di Indonesia memiliki andil besar dalam mewujudkan visi tersebut. Kemampuan Madrasah untuk tetap eksis, jauh sejak sebelum Indonesia merdeka hingga saat ini dapat menjadi bukti „kehebatan‟ Madrasah. Lembaga pendidikan Islam yang memiliki karakter khas dan unik.

Meski mengadopsi sistem pendidikan modern, tetapi Madrasah tidak pernah lepas dari nilai-nilai sejarah dan konteks sosial-budaya yang melingkupinya.

Generasi yang dihasilkan Madrasah pun, bukan semata cerdas secara intelektual, tetapi juga matang secara spiritual. Generasi yang selain memiliki kemandirian tinggi, juga prestasi yang membanggakan. Baik secara individual maupun sosial. Di sinilah urgensi pelaksanaan kegiatan “Penguatan Karakter Siswa Madrasah 2024: Inisiator Muda Moderasi Beragama” bagi para siswa Madrasah Aliyah di Indonesia. Selain sebagai upaya mencegah intoleransi, radikalisme dan ekstremisme juga menjadi salah satu ikhtiar nyata Direktorat KSKK Madrasah dalam rangka merawat Kebhinekaan Indonesia.

B. Tujuan Kegiatan

Adapun tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah sebagai berikut:

  1. Menguatkan karakter siswa dalam cara berfikir keagamaan, bersikap dan bertindak yang moderat.
  2. Menanamkan nilai-nilai Islam wasathiyyah dan Keindonesiaan kepada siswa madrasah di Indonesia
  3. Membangun jaringan siswa madrasah untuk penyebaran moderasi beragama pada generasi Z.
  4. Meningkatkan penguasaan wacana moderasi beragama melalui mobilitas media sosial.
SUSUNAN ACARA DAN NARASUMBER:
  • 08.30 Persiapan pembukaan Tim Kesiswaan KSKK
  • 09.00 Pengantar zoominar H. Solla Taufiq, S.HI Kasubdit Kesiswaan Direktorat KSKK
  • 09.20 Pengarahan dan Pembukaan resmi Dr. Muchamad Sidik Sisdiyanto, M. Ag Direktur KSKK Madrasah
  • 09.30 Sosialisasi Juknis Inisiator Muda Moderasi Beragama Tim Ahli Moderasi Bderagama Dr.Mufarrihul Hazin, M.Pd
  • 10.30 Teknis Pelaksanaan IMMB
  • 11.30 Kesimpulan dan penutup Tim IT Subdit Kesiswaan Iman Hermawan Tim Subdit Kesiswaan

Penutup

Zoominar ini dilaksanakan sebagai forum belajar dan berbagi untuk mengumpulkan ide gagasan dalam mewujudkan layanan kesiswaan yang lebih baik, bermakna dan berkeadilan. Semoga Allah SWT Tuhan yang maha perkasa meridlainya.

Selengkapnya tentang Juknis Pemilihan Inisiator Muda Moderasi Beragama Madrasah Tahun 2024 bisa >>> DOWNLOAD DISINI <<<

Posting Komentar untuk "Juknis Pemilihan Inisiator Muda Moderasi Beragama Madrasah Tahun 2024"